Perusahaan Raksasa Rusia Alihkan Dana ke Asia

By klikrealita 4-Agustus-2014 | 22:01 Custom investasi

Perusahaan-perusahaan raksasa Rusia memindahkan dananya ke perbankan Asia. Hal ini terjadi akibat negara pecahan Uni Soviet ini mendapat sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE).

Perusahaan-perusahaan ini khawatir jika Rusia tidak lagi bisa mengakses dolar AS di pasar uang, dan mereka pun mengkonversinya ke mata uang lain.

Salah satunya adalah Megafon, operator telekomunikasi terbesar kedua di Rusia, telah mengalihkan 40 persen dananya ke bentuk dolar Hong Kong di bank China.

Begitu juga dengan Novatek, perusahaan produsen gas terbesar kedua di Rusia juga telah mengalihkan dananya tidak lagi berbentuk dolar AS. Demikian dilansir dari CNBC, Senin (4/8/2014).

"Kami mendapatkan banyak permintaan dari customer untuk mengalihkan dananya ke dolar Hong Kong," ungkap seorang bankir senior di salah satu bank terbesar di Moscow.

"Awalnya mereka mengalihkan dolar AS ke euro. Tapi sekarang, mereka mengalihkan ke dolar Hong Kong," tambah dia.

Perusahaan-perusahaan ini bersiap untuk meninggalkan dolar AS sebagai alat transaksi  sebelum sanksi lanjutan dikenakan ke Rusia.  Mereka banyak membuka akun bank baru di perbankan Hong Kong dan Rusia.


By klikrealita 4-Agustus-2014 | 22:01 Read 1