Kementerian LHK akan Bantu Pemda Tangani Pengelolaan Sampah

By detik 20-November-2015 | 00:00 Custom Sampah

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) siap berkoordinasi dengan setiap pemerintah daerah terkait penanganan sampah. Persoalan sampah diakui menjadi salah satu masalah karena kesadaran masyarakat masih rendah.

Ya ini harus kembali lagi ke masyarakat. Gerakan tempat pembuangan sampah itu harus dimulai sendiri. Kesadaran masyarakat harus dibangun. Itu yang harus diterapkan, ujar Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian LHK Tuti Hendrawati di Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Dia mengatakan masih banyak daerah yang belum bisa berhasil mengelola sampah dengan baik. Mengacu Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, mestinya ada keberhasilan dalam pengelolaan sampah.
Beberapa kota menurutnya memang sudah memiliki rencana terbaik dalam pengelolaan sampah.

Pengelolaan sampah industri, sampah rumah tangga yang harus diperhatikan. Kami siap berkoordinasi dalam menghasilkan pengelolaan sampah  ujarnya.
Perhatian untuk perawatan daerah aliran sungai harus menjadi prioritas. Kemudian, pengelolaan bank sampah. Sudah ada 4.000 bank sampah yang sudah terdapat di daerah.

"Kementerian LHK mendorong bank sampah, jumlahya itu sudah mencapai 4.000. Sebetulnya penjabaran di lapangan, bagaimana pengelolaan sampah itu dan bisa menghasilkan uang. Jadi, benar-benar diusahakan katanya.


By detik 20-November-2015 | 00:00 Read 1