BPN BANTEN BERDAYAKAN LAHAN SISA BANGUNAN UNTUK BERCOCOK TANAM

By Budi Rosandi 2-Desember-2017 | 15:20 Custom kanwil bpn banten

SERANG – Guna mensiasati kenyamanan bekerja, serta untuk menghilangkan kejenuhan dalam bekerja, akibat rutinitas pekerjaan yang dihadapi oleh sejumlah pejabat, sampa pada tataran staf pelaksananya. Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Propinsi Banten, belum lama ini mensiasati prihal tersebut, dengan cara bercocok tanam di sisa lahan kantornya, yang berada di Kawasan Pusat Pemerintahan Propinsi Banten (KP3B), Jl. Syeh Nawawi Al-Bantani, Sukajaya, Curug, Kota Serang-Banten, dengan sistem bagi lahan, dan bagi jenis tanaman palawija yang ditanamnya.

Kreatifitas Kepala Kanwil BPN Propinsi Banten ini, dengan membagi tanggungjawab pada setiap pegawainya tersebut, meupakan strategi jitu dalam upaya meningkatkan tingkat  kehadiran pegawainya, serta mengurangi kebosanan dan kejenuhan dalam bekerja. Karena para pegawai Kanwil BPN Banten ini, selain memiliki tanggungjawab pekerjaanya, juga memiliki tanggungjawab atas kesuburan lahan yang mereka kelola, disamping hasil dari becocok tanamnya tersebut, bisa langsung mereka manfaatkan untuk di bawa pulang, sebagai tambahan kebutuhan dapur rumah tangganya.

Diatas lahan seluas 500 m2 tersebut, mulai dari Kepala Kanwil BPN, Kepala Bidang, Kasi, maupun Staf Pelaksana di lingkungan Kanwil BPN Propinsi Banten, membagi lahannya dengan cara di petak-petak, yang setiap petak lahan, maupun jenis tanaman yang di budidayakannya, diberi nama masing-masing pegawai di lingkungan BPN tersebut, sebagai tanggungjawab pengelolaanya, sampai benar-benar bisa termanfaatkan hasilnya. Dimana setiap petak lahan itu, ditanami berbagai macam tanaman palawija dan sayuran, mulai dari cabai, jagung, kacang tanag, kacang panjang, brokoli, cesim, tomat, maupun yang lainnya.

Dari hasil pantauan di lokasi, kreatifitas Kepala Kanwil BPN Propinsi Banten ini, sepertinya tidak tanggung-tanggung, karena lahan sisa bangunan gedung Kanwil BPN Banten, yang luasnya hanya 500 m2 tersebut, rupanya cukup untuk di bagi-bagikan pengelolaannya pada para pegawai dilingkungan Kanwil BPN banten. Bahkan tidak tanggung-tanggung, di lokasi perkebunan palawija di belakang Kantor BPN Propinsi Banten itu pun, terlihan plang nama para Kepala Kantor BPN kabupaten/kota se-Propinsi Banten, selain plang nama Kepala Kanwil, Kabid, Kasih dan staf pelaksananya. (Budi Rosandi)



By Budi Rosandi 2-Desember-2017 | 15:20 Read 1