World Cleanup Day, Relawan di Pandeglang Pungut Sampah

By DV 16-September-2018 | 13:48 Custom Relawan Pungut Sampah

PANDEGLANG - Komunitas dan Relawan di Kabupaten Pandeglang memunguti sampah di perayaan Word Cleanup Day (WCD) yang dilaksanakan di Kecamatan Cipacung, Pandeglang, Sabtu (16/9/2018).

Mereka berasal dari sejumlah elemen. Mulai dari siswa sekolah, relawan, aparat pemkab Pandeglang ikut hadir dan warga sekitar pun juga tampak memungut sampah.

Masing-masing komunitas relawa membawa Trashbag berwarna hitam dan kuning, dengan menurunkan satu truk mobil pengangkut sampah.

"Kebanyaksan sampah disini pelastik, kita membersihkan sampah di sekitar gorong-gorong yang ada di Kecamatan Cipeucang, karena yang kita lihat banyak tumpukan sampah," kata Yusuf Ketua Pelaksana WCD.

Menurut Yusuf, aksi bebersih ini dilakukan secara serentak di 150 negara. Di Pandeglang sendiri kegiatan dilaksanakan di 2 lokasi berbeda melibatkan ratusan orang. Yusuf mengakui masalah yang sedang dihadapi saat ini adalah sampah plastik. Bahkan fenomena tersebut sudah menjadi isu global. Dia pun berharap, pasca bebersih akan muncul kesadaran mengelola sampah dengan benar.

"Semoga dapat membukakan mata kita semua bahwa ada banyak banget sampah yang tidak terkelola dengan baik ada di sekitar kita, semoga dengan kegiatan ini bisa menyadarian kita kalau masalah sampah bukan hanya tugas Dinas Lingkungan Hidup," imbuhnya.

Sementara Camat Cipeucang Caswa mengatakan, Word Cleaningup Day tersebut merupakan Gerakan Hari bersih-bersih sedunia yang dilaksanakan serentak di Indonesia bahkan Dunia pada 15 September setiap tahunnya.

“Upaya bersih-bersih lingkungan dalam Word Cleaningup Day di maksudkan untuk meningkatkan kesadaran budaya bersih-bersih lingkungan," kata Caswa

Caswa mengaku sering mensosialisasikan  
Peraturan Daerah (PERDA) tentang Pengelolaan Sampah nomor 4 tahun 2016. (DV)


By DV 16-September-2018 | 13:48 Read 1