Puskesmas Panimbang Mantapkan Program Seribu Menuju Berkah

By Redaksi 8-Oktober-2018 | 23:10 Custom Seribu Menuju Berkah

PANDEGLANG - Puskesmas Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten memantapkan salah satu program inovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Panimbang.

Program yang di berinama Seribu Menuju Berkah (Setiap Hari Rabu Mengunjungi Ibu Untuk Bersalin Kuat, Aman, Hidup) adalah kegiatan dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi dengan melakukan kunjungan rumah kepada Ibu dan bayi.

"Pada kegiatan hari Rabu itu, Bidan mengunjungi ibu hamil dan nifas serta bayi. Untuk resiko tinggi dilakukan pemeriksaan, intervensi dan memberikan penyuluhan serta menggali permasalahan kesehatannya," kata Kepala Puskesmas Panimbang, Endang Mulyadi, Senin (8/10/2018).

Ketika menemukan yang beresiko tinggi, Lanjut Endang, pihaknya melakukan pendataan dan intervensi dengan pendekatan pola Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K).

"Setekah itu di kasih ciri dengan pemasangan stiker dan bendera ping sebagai tanda bahwa di rumah tersebut ada ibu hamil dan bender merah sebagai tanda di rumah tersebut ada bayi bermasalah, sehingga diharapkan masyarakat dan seluruh stakeholder terkait bisa ikut membantu," jelasnya.

Selain program tersebut, ada juga prigram Inovasi lainnya yang dibentuk dengan melibatkan Lintas Sektor Kecamatan. Yakni, Program Pantau Kesehatan Keliling yang dilaksanakan Forum Kecamatan Panimbang.

"Kita lintas sektor Kecamatan pada saat situasional turun bersama untuk melihat langsung, memotivasi dan mencari solusi terutama masalah kesehatan," tandasnya. (Rim/Red)


By Redaksi 8-Oktober-2018 | 23:10 Read 1