Selewengkan Dana Desa, Eks Kepala Desa di Kota Serang di Ciduk Polisi

By Redaksi 12-Oktober-2018 | 18:40 Custom Korupsi DD

SERANG - Eks Kepala Desa Binuang, Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang, Banten, berinisial SL di ciduk Polres Serang Kota di rumahnya, setelah terbukti menyelewengkan Dana Desa (DD) sebesar Rp.497 juta.

Informasi yang dihimpun, penyelewangan DD yang dikucurkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi itu dilakukan secara bertahap sejak tahun 2015 - 2017. 

"Berdasarkan hasil audit fisik oleh ahli teknik sipil dari Untirta serta hasil audit penghitungan kerugian negara oleh BPKB Banten tersangka SL telah merugikan negara sebesar Rp.497 juta," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin, Kamis (11/10/2018).

Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita uang sebesar Rp163 juta. Namun, kata Komarudin sesuai pengakuan SL uang hasil korupsi nya selama menjabat digunakan untuk hal yang tidak jelas. 

Akan tetapi saat ini, pihak Kepolisian masih melakukan penyelidikan karena tersangka juga sempat maju mencalonkan diri di Pemilihan Kepala Desa pada 2017.

"Pada tahun 2017, tersangka maju kembali dalam Pilkades namun tidak terpilih, untuk saat ini belum ada indikasi dana digunakan untuk itu, justru tersangka mencabut saluran air yang dipasang sebelum dirinya kalah dalam Pilkades," jelasnya. (DV/Red)


By Redaksi 12-Oktober-2018 | 18:40 Read 1