Bupati Pandeglang Serahkan Persoalan Sungai Cimoyan Kepada Pemprov Banten

By Redaksi 28-November-2018 | 00:27 Custom Irna Narulita Turun ke Sungai Cimoyan

PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyerahkan sepenuhnya persoalan Sungai Cimoyan kepada Pemprov Banten yang sudah 10 tahun tidak digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan Mandi, Cuci dan Kaskus. Mengingat, Sungai yang berhulu di kawasan Kabupaten Lebak, Banten tersbut kotor dan berlumpur diduga akibat Galian C di Kabupaten Lebak.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku sudah bersurat kepada Gubernur Banten Wahidin Halim agar segera memberikan solusi terkiat sungai yang berada di wilayah Kabupaten Pandelang dan Lebak.

"Sesuai dengan PP nomor 82 tahun 2001 bahwa sungai yang melintasi dua Kabupaten tersebut menjadi kewenangan Provinsi," ucap Irna kepada Rilisnusantara, Selasa (27/11/2018).

Irna berharap pemprov Banten dapat segera memberikan solusi terkait persoalan sungai Cimoyan, agar airnya dapat digunakan lagi oleh masyarakat.

"Saya harap pak Gubernur segera melakukan normalisasi sungai," ujarnya.

Dari hasil Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang menyatakan jika air di Sungai Cimoyang mengandung Biochemical Oxygen Demand 5
(BOD5) atau jumlah oksigen yang larut dalam air untuk bakteri melebihi kapasitas.

BOD 5 sendiri biasanya dihasilkan dari industri yang menggunakan bahan-bahan organik, baik alami maupun sintetis, akan menghasilkan limbah cair yang mengandung senyawa organik, sehingga tidak dapat di konsumsi.(Pji/Red)


By Redaksi 28-November-2018 | 00:27 Read 1