Home » Layanan Publik » Desa Cikande Permai Pilih Kepala Desa
Post : 21-Maret-2013 | Hits : 374

Kamis, 21-Maret-2013

Penulis: iman

Desa Cikande Permai Pilih Kepala Desa


CIKANDE, SERANG,- Pemilihan Kepala Desa, atau seringkali disingkat Pilkades, adalah suatu pemilihan Kepala Desa secara langsung oleh warga desa setempat. Berbeda dengan Lurah yang merupakan Pegawai Negeri Sipil, Kepala Desa merupakan jabatan yang dapat diduduki oleh warga biasa.
Setelah Desa Cikande dimekarkan dari Desa Situterate, maka Tampuk pemerintahan Desa Cikande Permai dijabat oleh pejabat sementara, sebelum terpilih kepala desa baru.Warga Cikande Permai pada 24 Maret 2013 mendatang akan melakukan pemilihan kepala Desa Baru secara langsung. Pilkades dilakukan dengan mencoblos tanda gambar Calon Kepala Desa.

Ketua panitia Pilkades Desa Cikande Permai H Syatiri,M.Pd menyampaikan, Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa Pasal 50 ayat menyebutkan bahwa calon kepala desa yang dinyatakan terpilih adalah calon yang mendapatkan suara terbanyak. Pemenang pemilihan kepala desa adalah calon yang mendapat suara paling banyak dari para pemilih dalam tahap pencoblosan. Berapa pun jumlah pemilih yang menggunakan haknya.
"Daftar pemilih tetap Desa Cikande Permai lebih dari 10.599. Ada 4 calon kepala Desa yang mendaftar yakni Farida HT, H Eko Mudhiharto, Hendrayani dan Karna. Ke empat calon Kepala Desa sudah menyerahkan semua berkas persyaratan. Dan masing-masing calon sudah mengambil bendera,"kata H Syatiri kepada wartawan, Kamis (21/3/13).

Salah satu Calon kepala Desa Cikande Permai H Eko Mudhiharto mengatakan, proses pendaftaran tidak mengalami kendala karena panitia pemilihan kepala Desa telah terlatih dan bertanggung jawab.
"Saya serahkan berkas, setelah diterima panitia, langsung direkap. Dan pada waktu pemilihan 24 Maret mendatang, diharapkan semua warga menggunakan hak pilihnya dengan baik dan jangan salah pilih,"ungkapnya.
Sementara Colan Kepala Desa lainnya Hendrayani menyampaikan, Desa Cikande Permai memiliki potensi yang sangat besar misalnya Sumber Daya Manusia, warga yang hiterogen, pemerintahan yang mengedepankan keterbukaan dengan pembangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan konsep yang jelas.
Hendrayani berharap pilkades dapat dilaksanakan dengan langsung, umum bebas dan rahasia, junung tinggi sprotivitas. Dan bagi pihak aparat, TNI, Polri maupun PNS hendaknya bersikap netral. "Demokrasi dimulai dari Desa dan semoga di tingkat selanjutnya akan lebih baik, pranata sosial benar berjalan. Berbeda dengan daerah lain, sesuai yang tidak ada dalam Peraturan derah nomor 6 tahun 2006, tehnisnya bisa ditegaskan oleh Bupati Serang melalui Peraturan Bupati,"urainya.
Pilkades telah ada jauh sebelum era Pilkada Langsung. Akhir-akhir ini ada kecenderungan Pilkades dilakukan secara serentak dalam satu kabupaten yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah. Hal ini dilakukan agar pelaksanaannya lebih efektif, efisien, dan lebih terkoordinasi dari sisi keamanan.

Home | Hits : 375

10 Berita Sebelumnya

Desa Cikande Permai Pilih Kepala Desa
Tatu Berjanji Sampaikan Aspirasi Warga Ke Dinas Terkait
Camat Cinangka Lantik Tiga PJS Desa
Warga Tuntut Lahan Puskesmas Cimanuk
PEMPROV BANTEN GELAR PASAR MURAH
DBMTR Banten Perbaiki Jembatan Mandalawangi
H-10 Jalur Mudik Banten Tidak Lagi Berlubang
Pemkab Serang Akan Beri Sanksi Bagi Perusahaan Tak Lunasi PBB
Danramil Cikande Berharap Situasi Cikande dan Kibin Kondusif
Jalan Ciruas Walantaka Memprihatinkan
Politik - Kolusi dan Nepotisme - Gosip KKN - Psikoproblem dan Analisis - Solusi - Ekonomi Bisnis - Pendidikan - Peristiwa - Lintas Daerah - Layanan Publik - Selebritis - Otomotif dan Sport - Kesehatan - Lingkungan - Hukum dan Kriminal - Hankam - Sosial -

Home | Profile | Redaksi | Iklan | Kontak
@2011 rilisnusantara.com. Web By: Lanangmulia