Home » Pendidikan » UPTD PEDIDIKAN CIKANDE ADAKAN SOSIALISASI PENYUSUNAN RKAS BOS TA 2012
Post : 5-Januari-2012 | Hits : 1074

Kamis, 5-Januari-2012

Penulis: murjiman

UPTD PEDIDIKAN CIKANDE ADAKAN SOSIALISASI PENYUSUNAN RKAS BOS TA 2012


CIKANDE SERANG,(RN). Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Cikande mengadakan sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 51 tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan laporan keuangan BOS tahun anggaran 2012, kepada Kepala sekolah dan bendahara SD se Kecamatan Cikande, di SDN Cikande 1, Kamis (5/1/2012).
"Sosialisasi penyusunan RKAS BOS tahun anggaran 2012 ini, salah satu upaya memberikan pemahaman yang sama sebagai pedoman bagi Kepala sekolah agar pengelolaan dana BOS dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan dana BOS dan laporan keuangan BOS tahun anggaran 2012 yang mengacu Permendikbud RI nomor 51 tahun 2011,"demikian disampaikan oleh Drs Aber Nurhadi M.Pd saat membuka kegiatan ini.
Ketua Forum Komunikasi Gugus Sekolah (FKGS) Nasihin S.Pd mengatakan penggunaan dana BOS di sekolah merupakan kesepakatan dan keputusan bersama antara tim Manajemen BOS sekolah, Dewan guru dan komite sekolah.
"Hasil kesepakatan tersebut harus dituangkan secara tertulis dalam bentuk berita acara rapat, ditandatangani oleh seluruh peserta rapat,"ungkap Nasihin S.Pd kepada Rilisnusantara.com, di sela-sela kegiatan.
Dana BOS, lanjut Nasihin, yang diterima oleh sekolah dapat digunakan untuk membiayai komponen kegiatan sebagai berikut : pembelian / pengadaan buku teks pelajaran, kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler siswa, kegiatan ulangan serta ujian, pembelian bahan habis pakai, langganan daya juga jasa, perawatan sekolah, pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, pengembangan profesi, bantuan biaya transportasi bagi siswa miskin yang menghadapi masalah biaya transport dari dan ke sekolah, pembiayaan pengelolaan BOS, pembelian perangkat komputer dan biaya lainnya jika sekuruh komponen 1 sampai 12 telah terpenuhi dari dana BOS.

Sementara, Suharja S.Pd selaku Ketua KKKS mengatakan sekolah sebagai sebuah entitas organisasi harus mampu mengelola dana BOS secara profesional untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang bermutu.
"Dana BOS yang diterima oleh sekolah dikelola secara mandiri melalui Manajemen Berbasis sekolah (MBS), jadi pengelola sekolah harus mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan pengelolaan dana secara baik dan transparan,"katanya.

Ia berharap dengan diadakannya sosialisasi ini, para kepala sekolah dasar yang berada di wilayah Cikande dapat melaksanakan tugasnya dengan benar.

Siti Laela M.Pd salah satu pemateri menyampaikan Pengelolaan dana BOS tidak lepas dari prinsip ekonomis, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabilitas, keadilan, kejujuran dalam pengelolaan dan pengendalian. Kemendikbud menyusun petunjuk teknis keuangan sebagai acuan dalam melaksanakan program agar para pengelola BOS dapat memenuhi tugasnya dengan mudah sehingga pelaksanaan dan fungsinya dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan sosialisasi diikuti 74 orang, terdiri dari Kepala Sekolah dan bendahara Sekolah dasar se Kecamatan Cikande dan para Pengawas TK SD UPTD Pendidikan Kecamatan Cikande. Pelaksanaan kegiatan dari jam 08.00 WIB sampai jam 14.00 WIB.



Home | Hits : 1075

10 Berita Sebelumnya

UPTD PEDIDIKAN CIKANDE ADAKAN SOSIALISASI PENYUSUNAN RKAS BOS TA 2012
PWI Pandeglang Tuan Rumah KLW 2014
Kadindik Pandeglang Pusing, Buku Kirikulum Baru Langka
Ingin Jadikan MTS Sekolah Unggulan
Toll Road Tourism Murid SDN Binaan MMS ke Tol Tangerang-Merak
Universitas Satya Negara Indonesia Gelar Wisuda Ke-18
Puluhan Murid Sekolah Dasar Binaan MMS Ikuti Lomba Menggambar
MMS Bersama YPA MDR Adakan Lomba Cerdas Cermat dan Menggambar
4 SD di Kecamatan Bandung Selesai Ikuti Akreditasi
Kontingen Binuang Optimis Bisa Bersaing
Politik - Kolusi dan Nepotisme - Gosip KKN - Psikoproblem dan Analisis - Solusi - Ekonomi Bisnis - Pendidikan - Peristiwa - Lintas Daerah - Layanan Publik - Selebritis - Otomotif dan Sport - Kesehatan - Lingkungan - Hukum dan Kriminal - Hankam - Sosial -

Home | Profile | Redaksi | Iklan | Kontak
@2011 rilisnusantara.com. Web By: Lanangmulia