oleh

Jembatan Kaca Seruni Point Bromo segera dibangun

-Nusantara-259 views
Jembatan kaca Seruni Point Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo segera dibangun. Dua kaca yang dipasang memiliki kekuatan 10,27 ton. Sumber : Suara Surabaya FM 100.

Jembatan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, bertipe jembatan gantung – kabel, dengan pondasi tiang bor dan sumuran. Jembatan dengan bentang mencapai 120 meter dibangun di atas jurang berkedalaman 80 meter.

Ukuran lantai memiliki lebar 1,8 meter dan 3 meter dengan material kaca berlapis SGP. Struktur kaca pengaman berlapis (Laminated Glass) terdiri dari dua lembar kaca atau lebih. Direkatkan satu sama lain menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer).

Dalam pengujian lantai kaca terhadap beban rencana 3 mm dengan tegangan 12 MPa belum terdapat kerusakan pada kaca. Uji hancur kaca 1st Break mencapai 6.29 ton defleksi 20.8 mm (bagian pertama). Untuk bagian kaca kedua berkemampuan 3.98 ton defleksi 35.9 mm. Total dari 2 lapisan itu, mempunyai kekuatan 10,27 ton.

Sekdakab Probolinggo, Soeparwiyono mengatakan, support sangat mendukung kemajuan pembangunan jembatan kaca di seruni Point. Namun, yang terpenting adalah penilaian pembangunan jembatan kaca itu, harus benar-benar berkualitas dan keamanannya terjamin.

Sumber : Kementrian PUPR RI

“Semoga jembatan kaca ini, membawa manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas pada umumnya. Keuntungan lain adalah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Bromo Tengger Semeru,” sebutnya.

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo Tengger Semeru (KSPN BTS) merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata yang ada di Indonesia yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Sejumlah program digelontorkan untuk mendukung pertumbuhan pariwisata. Diharapkan membawa dampak positif dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.