oleh

Syarat Ikut Tes SKB Usai Hasil SKD di umumkan

-Nasional-340 views

RNC, Jakarta – Seiring segera diumumkannya hasil Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2021 oleh pemerintah secara bertahap dalam waktu dekat.

SKB merupakan ujian terakhir untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki peserta dan standar kompetensi bidang yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Namun, melansir dari laman menpan.go.id, Selasa (19/10/2021), lolos dari nilai ambang batas (passing grade) atau nilai minimal tes SKD CPNS 2021 tidak menjadi jaminan bagi peserta bisa mengikuti SKB.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), peserta yang bisa mengikuti SKB ditentukan paling banyak 3 kali dari jumlah kebutuhan jabatan berdasarkan peringkat tertinggi yang memenuhi nilai ambang batas.

Apabila terdapat peserta yang memiliki nilai SKD sama dan berada pada batas 3 kali kebutuhan jabatan, kelulusan SKD ditentukan secara berurutan, mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Namun, jika ketiga nilai sama, semua peserta bisa mengikuti SKB.

Persiapan awal yang bisa dilakukan peserta adalah mempelajari dengan baik jabatan yang dilamar. Peserta harus mengetahui kompetensi teknis dari jabatan tersebut karena materi SKB yang akan diujikan sesuai dengan bidang jabatan.

Peserta mencari informasi jabatan yang dilamar beserta dasar hukumnya. Apabila melamar untuk jabatan fungsional, peserta bisa mencari informasi mengenai PermenPANRB yang mengatur jabatan tersebut dan instansi pembinanya.

Serupa dengan SKD, pelaksanaan SKB juga akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Penting untuk diketahui bahwa setiap instansi memiliki ketentuan tertentu terkait tes yang akan diberikan dalam SKB.

Nilai hasil akumulasi dari tes SKD dan SKB menjadi penentu apakah peserta lolos atau tidak menjadi PNS.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.