oleh

KETAHANAN PANGAN JADI FOKUS KODAM UDAYANA BALI DAN NTB

-Nusantara-259 views

RNC-NTB, Tahun 2021 Ini Program Ketahanan Pangan Menjadi Fokus Kodam IX/Udayana di Bali. Telah disusun sejumlah program pada tahun 2021 ini, diantaranya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Bali, serta pengairan dan fasilitas lainnya di wilayah Nusa Tenggara Barat termasuk Kabupaten Bima.

Pihaknya menargetkan ke Perusda, “Banyak lahan-lahan milik provinsi maupun Kabupaten/Kota peningkatan pertanian, dengan wisata persawahan seperti di Tabanan. Sedangkan di NTB dan NTT banyak program seperti pengairan dan fasilitas lain yang bisa dikerjakan,” kata Pangdam saat dijumpai rilisnusantara.com di Makodam IX/Udayana belum lama ini.

Ketahanan pangan menjadi fokus pengembangan Kodam IX/Udayana agar Bali tidak lagi mengandalkan pasokan bahan pangan dari wilayah lain. “Untuk sektor Pertanian, sementara ini saya belum mendapatkan data yang valid, tapi saya mendengar banyak sekali bahan pangan dari Surabaya (Jawa Timur), kenapa tidak kita siapkan di sini, begitu,” ujarnya.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., ingin terus mengembangkan program-program TNI meskipun di tengah masa pandemi Covid-19, salah satunya adalah Ketahanan Pangan. Program-program unggulan ketahanan pangan oleh satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang telah berjalan seperti budidaya Ikan Nila melalui keramba jaring apung, budidaya ternak Kambing Etawa, Ayam Kampung Unggulan Bali tbangtan (KUB), tanaman Porang, jagung seperti di Kabupaten Bima khususnya di Kecamatan Donggo dan Kecamatan lainnya di Daerah tersebut merupakan Program Unggulan didang ketahanan Pangan dalam pertanian sesuai kondisi wilayah masing-masing.

Pangdam IX/Udayana menyampaikan, keberlangsungan ketahanan pangan mampu memberikan dampak secara langsung bagi ekonomi masyarakat hingga negara. “Bahwa pekerjaan itu (ketahanan pangan) sangat luar biasa karena kita (TNI) sebagai perpanjangan tangan, bisa membantu masyarakat secara langsung secara ekonomi dan juga dapat berpengaruh terhadap ekonomi negara,” kata Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Sampai dengan saat ini, kata Pangdam Udayana, pendapatan negara dari sektor pangan menunjukkan peningkatan, sehingga kalau di-eksplore memberikan pengalaman dan pengaruh yang baik tentunya. RNC. Saf.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.