oleh

Prabowo Subianto Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024 Versi Survei Indikator

Jakarta-RNC : Dalam survei Indikator Politik, turut menunjukan hasil pilihan responden atau masyarakat terhadap nama-nama pejabat publik menjadi calon presiden (Capres) pada pemilihan umum 2024 mendatang. Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi paling atas sebagai Capres dengan perolehan 35,4 persen. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, hasil tersebut didapat dengan simulasi 3 nama calon presiden yakni Prabowo, Anies dan Ganjar. “Pada simulasi 3 nama tertutup, di tingkat nasional Prabowo Subianto unggul 35,4 persen,” kata Burhanuddin saat pemaparan hasil survei secara daring, Minggu (9/1/2022).

Selanjutnya, nama Ganjar Pranowo mengikuti dengan perolehan 31,6 persen dan Anies Baswedan 24,4 persen. Keseluruhan nama pejabat tersebut, cenderung tidak memiliki banyak perubahan keterpilihan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir di akhir tahun 2021. Kendati begitu, dari ketiga nama tersebut, Ganjar Pranowo paling unggul sebagai capres yang diketahui publik dengan persentase 46,1 persen, lalu Anies Baswedan 26,1 persen dan terakhir Prabowo Subianto 23,8 persen.  

“Pada kelompok yang tahu Anies, juga tahu Ganjar dan tahu Prabowo, Ganjar Pranowo cukup dominan,” tukasnya. Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia terhadap tiga nama calon presiden (Capres) 2024 mendatang, Minggu (9/1/2022). Dilansir rilisnusantara.com Sebagai informasi, survei yang dilakukan pada 6-11 Desember 2021 ini melibatkan 2020 responden dengan jumlah sampel basis sebanyak 1.220 orang yang tersebar proporsional di 34 provinsi. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dan melalukan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (RNC/HERU).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.