oleh

Jokowi Pimpin Ritual Kendi Nusantara, 34 Gubernur dan 15 Tokoh Adad Beri Tanah-Air di Titik 0 IKN

Penajam Paser Utara-RNC: Pekerja menyelesaikan pekerjaan persiapan jelang seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). Di rilis oleh nusantara.com Kemal Faisal. Presiden Jokowi telah berada di Titik Nol IKN (Ibu Kota Nusantara) untuk melaksanakan ritual ‘Kendi Nusantara’. Dalam ritual ini, seluruh gubernur dari 34 provinsi di Indonesia hadir dan menyerahkan tanah dan air dari daerahnya masing-masing. Tanah dan air tersebut diserahkan ke Jokowi lalu dimasukkan ke sebuah gentong besar yang berada di titik 0 Nusantara.

Pantauan rilisnusantara.comdari live streaming Sekretariat Presiden, acara dimulai tepat pukul 08:45 WIB. Jokowi didampingi Iriana Jokowi. Begitu acara dimulai, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor diminta untuk mendampingi Jokowi dalam ritual ini. Ketua MPR Bambang Soesatyo juga tampak mendampinginya.

Sementara Gubernur Anies Baswedan menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi di Titik Nol IKN, Senin (14/3/2022). Siang ini. Penimbunan tanah dan air dimulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies kemudian memberikan kendi berisi tanah dan air kepada Jokowi untuk dituang ke dalam satu kendi besar yang sudah disiapkan Panitia. Prosesi penyerahan tanah dan air dilanjutkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Gubernur Papua yang diwakili Asisten III, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Sumatera Utara Edy Rachmayadi, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Kemudian dilanjutkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah. Hingga kini ritual penyerahan air dan tanah dari masing-masing gubernur masih berlangsung. Selain para gubernur, hadir juga sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya Menteri LHK Siti Nurbaya, Seskab Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan inti dari prosesi penyatuan tanah dan air tersebut. Pada hari Senin pagi ini bersama para gubernur dan tokoh masyarakat setempat ada sebuah prosesi di mana intinya adalah kita berdoa dan tentunya memohon kepada Allah SWT, supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung,” ungkap Heru. Selepas acara tersebut, Jokowi dan para gubernur juga dijadwalkan untuk melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer. Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing. Pada malam hari nanti, Jokowi direncanakan bermalam di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya. ( Penajam Paser Utara RNC/Kamal F )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.