oleh

Jokowi Tegur Menkes, Mentan, dan Menteri BUMN karena Bawahan Banyak Impor

-Nasional-106 views

Nusa Dua Bali RNC :  Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka pertemuan pendahuluan B20 atau B20 Inception Meeting yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/1/2022). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi antara lain mengharapkan kontribusi B20 untuk mempercepat transformasi energi yang juga merupakan salah satu fokus utama Presidensi G20 Indonesia.  Presiden Joko Widodo menyampaikan teguran langsung untuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri BUMN Erick Thohir karena instansinya masih menggunakan produk impor dalam jumlah tinggi.

Menurut Presiden, barang-barang impor yang digunakan untuk kegiatan operasional di kementerian sudah semuanya bisa diproduksi di dalam negeri. “Alat kesehatan (alkes). Menteri Kesehatan, ini tempat tidur untuk rumah sakit, produksi saya lihat di Yogyakarta ada, Bekasi, Tangerang ada,” ujar Jokowi saat memberi pengarahan pada acara Afirmasi Bangga Buatan Produk Indonesia yang digelar di Bali dan disiarkan secara virtual pada Jumat (25/3/2022) tadi. Nilai Impor Tinggi, Jokowi: Bodoh Banget Kita ini Tidak Beli Barang Dalam Negeri “(Kenapa) Beli impor, mau diterus-teruskan? Mau saya umumkan kalau saya jengkel. Ini RSUD juga impor. Kemenkes impor. Tak baca nanti. Karena sekarang gampang banget detail saya lihat,” tegasnya. Setelah itu, Jokowi menegur Menteri Pertanian Syafrul Yasin Limpo. Jokowi mengungkapkan kejengkelannya karena traktor-traktor yang saat ini ada di Indonesia berasal dari luar negeri. “Traktor kayak gitu bukan high tech aja impor. Jengkel saya. Saya kemarin dari Atambua, saya lihat traktor, alsintan impor. Ini enggak boleh, Pak Menteri. Enggak boleh,” tegasnya. Jokowi lantas beralih ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Dirinya menyebutkan, konsumsi produk dalam negeri dari kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim itu hanya Rp 2 triliun dari total anggaran yang diberikan. “Tadi pagi saya cek baru Rp 2 triliun. Ini kelihatannya ada yang tidak semangat di dalam kementerian. Urusan beli bangku, beli kursi, masak mau impor kita, laptop mau impor kita? kita sudah bisa bikin semuanya itu. Sudahlah jangan diterus-teruskan,” tegas Jokowi. Baca juga: Jokowi Jengkel karena Impor Tinggi: APBN Kita Kok Dibelikan Barang Impor, Geregetan Saya Setelah itu, Presiden menyatakan perasaan kesalnya kepada Menteri BUMN Erick Thohir karena masih ada direktur utama (dirut) perusahaan pelat merah yang masih banyak menggunakan produk impor. Oleh karenanya, dia meminta agar para dirut itu diganti. “Saya sampaikan ke Menteri BUMN, sudah ganti dirutnya, ganti. Ngapain kita? (pertahankan),” ujar Jokowi.

Lihat secara Nasional Selengkapnya Harga Cabai, Minyak Goreng, dan Daging Naik, Faktor Impor hingga Cuaca Data Kementan Stok Kedelai Defisit, Perlu Impor hingga 3 Juta Ton Menteri Pertanian Beberkan Sebab Produksi Kedelai Lokal Seret sehingga Ketergantungan Impor Tahun Ini, Pemerintah Siapkan 3 Juta Ton Impor Kedelai Kasus Korupsi Impor Baja, Kantor Kemendag dan 3 Perusahaan Digeledah Kejagung Soroti Ketimpangan Arus Kas Pertamina, Gus Muhaimin: Perlu Regulasi agar Tak Bergantung pada Impor Jokowi Jengkel karena Impor Tinggi: APBN Kita Kok Dibelikan Barang Impor, Geregetan Saya Nilai Impor Tinggi, Jokowi: Bodoh Banget Kita ini Tidak Beli Barang Dalam Negeri, Garam Masih Banyak Menteri yang Doyan Impor, Jokowi Ancam Reshuffle! 15 15 03:11 di sampaikan juga oleh Jokowi: Boleh Mudik Dengan Syarat Sudah Vaksin Dua Kali Vaksin Dan Satu Kali Booster 24 Maret. Jokowi Tegur Sederet Menteri Perihal Penggunaan Produk Impor Dalam Jumlah Tinggi 25 Maret 2022 02:27 Kejengkelan Jokowi Saat Indonesia Masih Impor CCTV Hingga Seragam Polisi 25 Maret 2022 01:21 Jokowi Tegur Kementerian Dan Kepala Daerah Yang Gemar Beli Barang Impor 25 Maret 2022 06:36.

Selain Resmikan SPKLU, Presiden Jokowi Juga Akan Tinjau Kesiapan Infrastruktur Jelang G20 Di Bali 25 Maret 2022 02:38 Bukan Cuma Serahkan BLT, Ini Yang Dilakukan Jokowi Di Pasar Penfui Kupang 24 Maret 2022 03:12 Presiden Jokowi Mengaku Terkesan Hasil Penataan Kawasan Kota Kupang 24 Maret 2022 02:02 Jokowi Dipastikan Belum Akan Jalankan Reshuffle 22 Maret 2022 01:24 Mobil Jokowi Di Antara Lautan Manusia Yang Menyambut 24 Maret 2022 02:11 Harga Minyak Dunia Naik, Stafsus BUMN: Harga Pertamax Perlu Dihitung Ulang 25 Maret 2022 04:38 Pasang Surut Isu “Reshuffle” Kabinet Dan Masuknya PAN Ke Koalisi Jokowi 23 Maret 2022 06:07 Jokowi Soal Instansi Negara Tak Pakai Produk Lokal: Bodoh Banget Kita Ini 25 Maret 2022 02:25 Jokowi: Boleh Mudik Dengan Syarat Sudah Vaksin Dua Kali Vaksin Dan Satu Kali Booster 24 Maret 2022 01:50. ( RNC Nusa Dua Bali/Ida BG.S )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.