oleh

10 Kota Toleran di Indonesia Menurut Setara Institute

-Nasional-139 views

Jakarta – RNC: Setara Institute mengumumkan sepuluh kota toleran di Indonesia. Kota Singkawang berhasil merebut status kota paling toleran dan menggeser Salatiga yang sebelumnya menduduki posisi pertama. Hal itu diumumkan dalam acara Launching Indeks Kota Toleran 2021. Singkawang mendapat skor 6,483 dan disusul oleh Kota Manado dengan 6,400. Kedua kota ini masing-masing naik satu peringkat dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan, posisi ketiga diduduki Salatiga dengan jumlah skor 6,367 yang artinya mengalami kemerosotan dua peringkat dari tahun 2020. Direktur Eksekutif Setara Institute, Ismail Hasani, mengungkapkan penilaian kota toleran tidak hanya berdasarkan pada kinerja pemerintah namun juga berbasis pada elemen masyarakat dan regulasi yang ada. Jokowi Ingin IKN Nusantara Jadi Percontohan Tata Sosial Toleran

“Elemen kota tentu saja tidak hanya pemerintah tetapi juga ada elemen masyarakat ada juga regulasi dan lain sebagainya sebagaimana studi-studi perkotaan jadi ini adalah kinerja kota tapi tentu saja peranan pimpinan kota-kota sangatlah signifikan,” ujarnya di Hotel Ashley, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (30/3).

Menurutnya, riset yang dilakukan Setara Institute mempertimbangkan empat variabel dengan delapan indikator sebagai tolak ukur berbasis paradigma hak konstitusional warga sesuai hak asasi manusia (HAM). Variabel pertama adalah regulasi pemerintah dengan indikator RPJMD dan kebijakan diskriminatif. Selanjutnya adalah tindakan nyata dengan indikator pernyataan dan tindakan nyata pemerintah kota.

Kemudian, variabel ketiga regulasi sosial mencakup indikator peristiwa intoleransi dan dinamika masyarakat sipil. Variabel keempat Demografi Sosial- Agama meliputi indikator heterogenitas dan inklusi sosial.

Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 3 di Luar Jawa-Bali dari variabel tersebut berikut 10 kota yang mendapatkan penghargaan sebagai Indeks Kota Toleransi 2021:

1. Kota Singkawang dengan skor 6,483

2. Kota Manado dengan skor 6,400

3. Kota Salatiga dengan skor 6,367

4. Kota Kupang dengan skor 6,337

5. Kota Tomohon dengan skor 6,183

6. Kota Magelang dengan skor 6,120

7. Kota Ambon dengan skor 5,900

8. Kota Bekasi dengan skor 5,830

9. Kota Surakarta dengan skor 5,783

10. Kota Kediri dengan skor 5,733. (RNC/Yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.