oleh

11th RAMADHAN JAZZ FESTIVAL LIVE 2022 “MELODY OF KINDNESS”

Jakarta – RNC:  Rasa syukur yang luar biasa kepada Ilahi Robbi untuk kali ke-sebelas untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1443 H, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival” Dengan tema Melody of Kindness yang bermakna, tatkala melodi dilantunkan kebaikan senantiasa disyiarkan.

Ketua Umum Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) Muhammad Husein, mengatakan pelaksanaan kegiatan tahunan Ramadhan Jazz Festival yang diselenggarakan oleh RICMA bertujuan tidak hanya memberikan kegiatan konser musik yang biasa, tetapi juga mempunyai nilai-nilai positif baik bagi penyelenggara maupun pengunjung RJF itu sendiri. Husein menambahkan, “Kegiatan ini memiliki nilai dakwah untuk anak muda yang hadir di Masjid, bukan hanya sekedar beribadah tetapi juga melakukan aktifitas yang positif, khususnya bagi audiens yang hadir yakni melalui kegiatan donasi. Melalui kegiatan RJF ini dapat memberikan nuansa damai serta cinta untuk semua kalangan, khususnya lintas agama, serta ikut andil dalam mendukung pemerintah dalam hal memajukan bangsa.”

Ramadhan Jazz Festival Insya Allah diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu, 22-23 April 2022, dimana tahun ini akhirnya dilaksanakan secara offline meskipun dengan pembatasan jumlah penonton dan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai panduan CHSE yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan diselenggarakan di Plataran Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat.

Project Officer 11th Ramadhan Jazz Festival Wildan Anugerah mengatakan, “Dengan rangkaian acara yang akan dimulai setelah sholat Tarawih ini, Ramadhan Jazz Festival akan dimeriahkan oleh beberapa artis Ibu Kota, seperti Dwiki Dharmawan n Friends feat Innayah dan Ustadz Erick Yusuf, MALIQ & D’Essentials, Rio Moreno Latin Combo, GANGGA, Mahalini, Teddy Adhitya, Rizky Febian, Saxx in The City, SIVIA, Ecoutez, serta Ziva Magnolya.” Lebih lanjut, Wildan menegaskan, “Seperti melodi yang dapat didengar & dinikmati oleh berbagai kalangan, dari tahun ke tahun RJF juga akan terus menyebarkan melodi-melodi kebaikan, seperti yang telah diperintahkan oleh Allah SWT lewat FirmanNya dan dan dicontohkan oleh para Nabi agar umat manusia harus dapat berbagi kebaikan terhadap sesama.

Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan Founder RJF yang juga Managing Director WartaJazz mengungkapkan, “Alhamdulillah RJF yang dirancang sebagai sarana dakwah kekinian yang In Shaa Allah akan terus relevan dikalangan muda atau millenial bahkan generasi Z meredefinisi tentang hubungan anak muda dan Masjid lewat musik jazz sebagai medium perekatnya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan meridhoi sehingga kegiatan ini menebarkan manfaat bagi penyelenggara, penampil, pendukung ataupun penonton yang hadir secara langsung ataupun menonton secara live streaming. Kekuatan RJF ada pada narasi & syiar yang mendobrak gaya dan cara yang out of the box.” Inisiatif para pemuda dalam konteks saling peduli dan mengasihi satu sama lain diwujudkan Ramadhan Jazz Festival 2022 lewat sebuah kegiatan Social Activity yang telah dirintis sejak awal RJF berlangsung 12 tahun silam.

Setelah Hari pertama Ramadhan Jazz Festival lancar terlaksana dan di isi oleh performance yang luar biasa pada hari pertama. Kini 23 April 2022 adalah hari terkahir acara Ramadhan Jazz Festival 2022. Tak kalah heboh nya antusias penonton semakin memarak di hari ini. Dibuka dengan penampilan Dwiki Dharmawan and Friends membawakan lagu dengan menyiasati dakwah untuk kaum-kaum muda di era ini dari lagu-lagu yang dilantunkan. Dilanjut dengan penampilan Saxx and The City memainkan berbagai lagu dengan saxophone nya. Penampilan ketiga lanjut dengan performance Sivia Azizah dengan membawakan lagu “Love Spells” dilanjt dengan penampilan Ecoutez tak kalah heboh nya dengan membawakan lagu “Simpan Saja” pada akhir performance nya. Lalu penampilan dari Ziva Magnolya membawakan lagu “Berharap Tak Berpisah” membuat para penonton berjoget dengan ria. Ditutup dengan performance Maliq and D’essentials membuat Ramadhan Jazz Festival 2022 sukses terselenggara, dengan membawakan lagu “Dia”.

Namun setelah 2 hari terselenggara nya Ramadhan Jazz Festival akan terus dilaniutkan dengan Social Activity yaitu hasil dari pengumpulan donasi bekerja sama dengan platform Kitabisa.com bertema “Sebarkan Berkah dengan Mengurangi Kelaparan” nantinya akan disalurkan Ramadhan Jazz Festival 2022 berkolaborasi dengan Food Bank of Indonesia mewujudkan program Dapur Pangan dimana masyarakat bisa memperoleh makanan yang baik dan bermartabat. Sebuah langkah kecil dari semangat gotong royong dalam rangka memenuhi hak dasar manusia yakni memerangi kelaparan di masyarakat sekitar sebagai perwujudan dari hadits, “Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain” – Hadits riwayat Thabrani.

Kegiatan Ramadhan Jazz Festival 2022 didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Experience Board, Yayasan Masjid Cut Meutia, serta para sponsor pendukung, seperti: Wardah Cosmetics, Kahf, Derma Express, GOERS, Pocari Sweat, Prodia, IDQ Loyalty, Hotel Sofyan, dan Kitabisa.

Sampai Berjumpa Pada Ramadhan Jazz Festival 2023!!!

(RNC/Rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.