oleh

Komando Moeldoko Kedatangan Tamu Orang Baduy

Jakarta – RNC: 6 Mei 2022, Kami selaku ketua Komando Moeldoko mengucapkan terimakasih kepada tamu kita orang orang Baduy dalam ini sudah mengunjungi kantor Komando Moeldoko dan ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada para simpatisan yang telah hadir dan ber empati terhadap saudara saudara kita orang Baduy di kantor sekretariatan Komando Moeldoko. Walau ini kelihatannya biasa biasa saja tapi sungguh sangat bermanfaat buat pertemuan kita ini dan ini sungguh akan teringat dan tercatat dalam pergerakan kita ini.

Apalagi kita memberdayakan saudara saudara kita yang masih dibawah garis kemiskinan. Kita harus mengangkat harkat dan martabat mereka kita ini punya kegiatan yang tidak harus memberi misal berupa uang atau barang ini sifatnya justru tidak mendidik mereka untuk menjadikan mereka mandiri. Sedangkan Program Komando Moeldoko ini adalah program program Riel yang sifatnya berkelanjutan seperti pemberian bibit bibit tanaman duren rambutan duku dan itu akan mereka petik disaat setelah berbuah.

Komando Moeldoko sudah membuat suatu kawasan wisata yaitu Kawasan Wisata Agro di Kalimantan tengah kalau nanti kita memberi bibit bibit tanaman ke orang orang Baduy dalam bisa nanti di beri nama Kelompok Tani Baduy misalkan begitu ini cara kita memberi umpan kepada orang orang Baduy dalam. Bila ini terealisir orang Baduy dalam akan mempunyai tempat wisata sendiri mengelola hasil tanamnya karena punya sudah punya pasar sendiri bisa jadi Industri pariwisata berjalan.

Kalau sudah ada perkebunan seperti itu Pemerintah Daerah akan memperhatikan begitu cara memanusia dengan cara memberdayakan masyarakat Baduy. Memang masyarakat Badui dalam masih memegang peraturan peraturan adat yang berlaku kita wajib menghormati. Saat ini mereka ber empat datang kesini berjalan kaki selama bisa 3 sampai 4 hari dari Baduy sampai Jakarta. Sedangkan kita kalau ke Baduy lewat tol hanya 3 sampai 4 jam ini luar biasa kalau jadi kita akan berikan bibit ke teman teman Baduy ini supaya bisa mengembangkan usaha pariwisata disana.

Untuk UMKM harus segera mengurus sertifikat halalnya di Kalimantan tengah sudah ada perkebunan duren namanya Duren Moeldoko disingkat MDK dan untuk UMKM di komando Moeldoko ini mars nya juga hampir tentang UMKM ada 20 tenang salah satunya bebek teminal bang Mul mari kita galakkan UMKM untuk menunjang pendapatan para anggota begitu pungkas bapak Ketum Komando Moeldoko George N Kuahaty. (RNC/Christin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.