oleh

Reshuffle Kabinet Jokowi, Berikut Daftar Nama Mentri Kabinet Terbaru

Jakarta – RNC: Sudah delapan tahun sejak periode pertama 2014 lalu pemerintahan kepresiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan. Dalam kurun waktu tersebut, kabinet Jokowi sudah beberapa kali diterpa isu reshuffle.
Isu reshuffle kabinet semakin ramai dibicarakan yang akan dilakukan pada Rabu (15/6/2022) hari ini. Tidak ada bantahan dari Istana mengenai hal itu. Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut, reshuffle merupakan hak prerogatif presiden.

Reshuffle kabinet bukan hal baru bagi Presiden Jokowi. Pada periode pertama saat bersama Jusuf Kalla, Jokowi tercatat sudah empat kali mengganti para pembantunya. Kemudian, pada periode kedua saat berduet dengan Ma’ruf Amin, Jokowi sudah dua kali melakukan reshuffle, meski reshuffle kedua tidak sebesar reshuffle pertama pada periode tersebut.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” ucap Pramono selaku Sekertaris Kabinet Pramono Anung di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Bahkan, senior Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, mengaku sudah mendengar ada lima menteri yang bakal diganti oleh Jokowi. Meski begitu, ia tidak menyebut secara pasti kapan reshuffle tersebut akan dilakukan. Berikut ini daftar mentri dan wakil mentri yang kakan dilantik siang ini adalah sebagai berikut:

  1. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Ketum PAN)
  2. Menteri ATR/BPN Hadi Tjahyanto (Mantan Panglima TNI)
  3. Wamen ATR Raja Juli Antoni (Dewan Pembina PSI)
  4. Wamendagri John Wempi Watipo (Wamen PUPR)
  5. Wamenaker Afriansyah Noor (Sekjen PBB)

(RNC/Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.