oleh

APJ dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Berkolaborasi dalam Rangka Penguatan Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta – RNC: Asosiasi Puskesmas Jakarta (APJ) bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta menggelar Puskesmas Expo 2022. Sebuah sarana untuk berbagai pengalaman bagi tenaga kesehatan se-Indonesia. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dr. Widyastuti, Kamis (23/6) menyatakan bahwa Puskesmas Expo 2022 merupakan momentum untuk percepatan pembangunan kesehatan dan kebangkitan kesehatan masyarakat Indonesia.

“Puskesmas diharapkan dapat melakukan penguatan sistem kesehatan dengan transformasi layanan primer yang berorientasi terhadap upaya preventif dan promotif yang komprehensif. Puskesmas harus mampu menjamin ketersediaan dan pemerataan jumlah, jenis dan kapasitas SDM Kesehatan serta mampu melakukan layanan kesehatan primer terintegrasi melalui pengembangan ekosistem digital healthcare,” ujar Dr. Widyastuti, seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Ketua Asosiasi Puskesmas Jakarta, Dr Dicky Alsadik menambahkan, Puskesmas Expo 2022 mengusung tema ‘Menyongsong Transformasi Layanan Kesehatan Primer yang Berketahanan dengan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat’.

“Puskesmas Expo 2022 diikuti oleh berbagai perhimpunan maupun individu, seperti Puskesmas se-Indonesia, Dinas Kesehatan se-Indonesia, Organisasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan, Asosiasi Institusi Pendidikan Ilmu Kesehatan dan Organisasi Mahasiswa Kedokteran/Kesehatan, Institusi Pendidikan Ilmu Kesehatan, serta Mahasiswa Kedokteran dan Kesehatan. Peserta yang hadir berasal dari berbagai wilayah Indonesia, di antaranya Papua Barat, Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Riau, Jambi, dan Lampung,” terang Dr. Dicky.

Dicky menyebutkan rangkaian kegiatan Puskesmas Expo 2022, yaitu diskusi mengenai transformasi layanan kesehatan primer dalam penguatan kesehatan masyarakat, transformasi digital, menampilkan  keunggulan, prestasi dan inovasi Puskesmas, serta pemaparan para pakar serta tokoh kesehatan yang akan dikolaborasikan dengan public figure ataupun influencer yang mempunyai kepedulian pada dunia kesehatan.

Sebagai rangkaian kegiatan Jakarta Hajatan ke-495, APJ juga ikut mempromosikan wisata Jakata kepada para peserta Puskesmas Expo yang hadir secara langsung di Jakarta, dalam kegiatan Jakarta City Tour ke beberapa destinasi unggulan, seperti Monumen Nasional, Kota Tua, Ancol, Pekan Raya Jakarta dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Untuk diketahui, APJ adalah asosiasi dari 44 Puskesmas Kecamatan dan 290 Puskesmas Kelurahan di wilayah DKI Jakarta yang ingin berkontribusi mewujudkan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan bermutu bagi warga DKI Jakarta. Puskesmas di DKI Jakarta diharapkan mampu menjadi role model pelayanan kesehatan primer bagi Puskesmas seluruh Indonesia.

Acara ini berlangsung secara hybrid, dengan mengkombinasikan metode daring dan luring di Hotel Bidakara Grand Pancoran pada tanggal 23-25 Juni 2022. Kegiatan ini juga menjadi rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495, sekaligus mendukung perhelatan Urban Health 20. (RNC/Yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.