oleh

Sayid Iskandarsyah Tekankan Kode Etik Jurnalis saat OW PWI Jakarta

Jakarta – RNC: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi  DKI Jakarta menyelenggarakan Orientasi Angkatan ke-12 tahun 2022 yang berlangsung di Sekretariat PWI DKI Jakarta, Gedung Prasada Sasana Karya (Bank DKI) Lt 9 Jl. Suryopranoto No.8 Jakarta Pusat, Sabtu (25/06/2022).

Pembukaan orientasi ini dihadiri Ketua PWI DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah, Sekretaris Kesit B Handoyo, Sekretaris I Naek Pangaribuan, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Jaya Berman Nainggolan.

Dalam kesempatan itu Ketua PWI DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah mengungkapkan, banyak organisasi wartawan yang ada saat ini, kita tinggal memilih mana yang diinginkan.

“Kalau PWI merupakan organisasi tertua yang berdiri sejak 9 Februari 1946, tepatnya di Surakarta jadi anggotanya pun banyak lebih dari 15.000 dan DKI sendiri kurang lebih 5000  kata Sayid.

 

Untuk itu bagi wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI ini, Sayid meminta agar bisa menjaga kode etik jurnalistik, taat peraturan yang ada, bisa menulis berita, apalagi di era digital saat ini yang membutuhkan kecepatan informasi. “Seorang wartawan memang harus memahami digitalisasi saat ini ” ujarnya.

Dalam orientasi tersebut, materi yang dibahas yaitu, Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI yang di sampaikan oleh Sekretaris PWI Jaya Kesit B Handoyo. Dan untuk Materi UU Pers No.40/1999/Kode Etik Jurnalistik/Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), oleh Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, serta Penulisan Berita Wakabid Pendidikan Budi Nugraha.

Kegiatan orientasi keanggotaan ini diikuti oleh 40 peserta, termasuk peserta dari Media Analis Indonesia sebanyak 15 orang. Menurut Dahlan selaku pemimpin redaksi rilisnusantara  mengatakan, pentingnya kita mengikuti salah satu organisasi wartawan dan organisasi perusahaan pers Indonesia. Keberadaan organisasi wartawan diperlukan untuk turut mendorong profesionalisme pers dan menjaga kebebasan pers. Pers yang profesional akan mampu memproduksi jurnalisme yang sehat,” ucap Dahlan Selain itu media agar selalu memberitakan dan menyampaikan hal-hal dengan narasi positif dan membuat kita optimis,” Pungkasnya. (RNC/Christin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.