oleh

Ketua Umum PSSI Resmi Ajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Jakarta – RNC: PSSI resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah mendapatkan permohonan dari pemerintah Indonesia. Setelah Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI berkoordinasi dengan pemerintah. Kemenpora, akhirnya menyetujui PSSI resmi menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan dukungannya, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Iriawan menegaskan bahwa pihak PSSI telah mengirimkan semua persyaratan kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) terkait pengajuan diri tersebut. AFC sendiri memberikan batas waktu sampai akhir Juni 2022 kepada federasi anggotanya untuk melengkapi persyaratan tuan rumah. Bukan hanya Indonesia, empat negara tetangga juga menyatakan resmi minatnya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 yaitu Korea Selatan, Jepang, Australia dan Qatar.

Awalnya PSSI mempertimbangkan keputusan dirinya untuk menggelar Piala Asia 2023 di Indonesia. Alasannya karena waktu penyelenggaraan turnamen itu berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023 yang juga dilaksanakan di Tanah Air. Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sementara Piala Asia 2023 rencananya bergulir pada 16 Juni-16 Juli pada tahun yang sama.

Namun, PSSI akhirnya memberanikan minatnya untuk mengajukan diri setelah Presiden Joko Widodo memberikan “lampu hijau”. Hal tersebut disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali.

“Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Nanti kita melihat keputusan AFC seperti apa.”  tegas Zainudin Amali. (RNC/Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.