oleh

RRI Voice of Indonesia Gelar Wicara Diplomatic Forum ke-42

Jakarta – RNC: RRI Voice of Indonesia menyelenggarakan gelar wicara Diplomatic Forum ke-42 dengan tema Youth, Their lnspiration for the World’s Better Future di Red Top Hotel Jakarta, pada hari Selasa 12 Juli 2022. Pemuda dari seluruh dunia diharapkan aktif memberi kontribusi pemikiran konkrit untuk dunia yang lebih baik. Y20 menjadi wadah partisipasi pemuda untuk mewujudkan tatanan dunia yang lebih baik.

Y20 juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Forum pemuda dunia ini ditargetkan mampu menghasilkan communique yang akan disampaikan pada pertemuan tingkat tlnggl pemimpin 620 untuk menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan. Atas alasan itu, publlk perlu untuk mengetahui sejauh mana kepedulian dan peran aktif pemuda terhadap masalah-masalah lokal, regional maupun global yang kemudian menjadi konsen mereka dalam forum-forum internasional melalui Diplomatic Forum ke-42 Voice of Indonesia.

Selain itu, publik juga perlu untuk mengetahui potensi pemikiran, inovasi, dan kreativitas pemuda untuk masa depan dunia yang lebih baik. Direktur Voice of Indonesia Edyi Ivan, Selasa (12/07/2022) di Jakarta menyatakan dukungannya terhadap pemikiran konstruktif dan kegiatan-kegiatan kepemudaan di Indonesia dan luar negeri, terutama dalam percaturan global.

“Kita harus terus memberi ruang kepada para pemuda untuk berkontribusi dalam menghadirkan solusi atas persoalan-persoalan global, karena mereka delegasi dari seluruh negara-negara peserta (620), tidak terkecuali pemuda Indonesia adalah aset bangsa sekaligus aset dunia di masa depan,” katanya.

Menurut Edyi Ivan, LPP RRI Stasiun Siaran Luar Negeri atau Voice of Indonesia sebagai media yang menyiarkan keindonesiaan ke seluruh dunia, mengambil momentum Presidensi 620 Indonesia sebagai sebuah peluang strategis untuk mempublikasikan kapasitas Indonesia, terutama pemudanya melalui Diplomatic Forum kali ini. Selama pandemi, masih menurut Edyi Ivan, arus utama pemuda Indonesia mampu menjadi pilar penting dalam penanganan pandemi di tanah air, sehingga hal inilah yang perlu ditularkan kepada dunia, khususnya melalui forum Y20.

”Selama pandemi Covid-19 kita merasakan betul peran pemuda Indonesia, inovasi-inovasi mereka bisa dirasakan manfaatnya, sepertl misalnya membangun berbagai apllkasl atau platform digital yang dibutuhkan pemen‘ntah dan masyarakat untuk berbagai lini ya, pendidikan, ekonoml, nah sekarang pasca pandeml saya yakln mereka juga sudah punya pemlkiran yang vlsioner untuk masa depan dunla yang lebih balk,” ujar Edyi Ivan.

Dia juga menambahkan bahwa Diplomatic Forum kali ini juga diharapkan akan mendapatkan masukan dan’ negara-negara di luar Y20. Hadir sebagai pembicara di gelar wicara Diplomatic Forum Duta Besar Kerajaan Maroko H.E. Ouadua Benabdellah, Pendlri Society of Renewable Energy Zagy Yakana Berian, Direktur Pendidikan, Bahasa Inggn’s dan kemasyarakatan di The British Council Indonesia Colm Peter Downes, dan Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk millennial, kreatifitas dan inovasi Alia Noorayu Laksono.

Diplomatic Forum ke-42 kali ini dilaksanakan secara hybrid dalam Bahasa lnggris. Selain digelar secara tatap muka di Red Top Hotel Jakarta, Forum lni juga dapat diikuti via zoom dan disiarkan melalui channel Youtube @voiindonesia, jejan’ng sosial Facebook ’The Voice of Indonesia’ dan melalui siaran streaming. (RNC/Rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.