oleh

Rakernas DPP IKADIN Akan Dorong Perubahan Undang undang Advokat dan RUU KUHP

Jakarta – RNC: Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Advokat Indonesia Pusat atau IKADIN Pusat periode 2022 – 2027 menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 Bertempat di Lantai Hotel Aryaduta Jakarta, Rabu (20/07/2022). Rakernas DPP IKADIN ini di hadiri oleh sejumlah perwakilan DPD, DPC serta pengurus IKADIN Se Indonesia, juga Dewan Pembina serta Ketum Dan Waketum IKADIN serta anggota lainnya.

Ketua DPD IKADIN NTB periode 2021-2025 DR. Irpan Suriadiata, SHI., M.H. mengatakan keikutsertaannya di Rakernas IKADIN ini di undang oleh DPP karena rakernas ini di hadiri oleh DPD DPD seluruh Indonesia yang membahas program program kerja DPP IKADIN lima tahun kedepan. Secara garis besar menurut Irpan poin poin yang dibahas dalam rakernas ini adalah bahwa IKADIN mau membuat program kerja yaitu yang utama adalah ikadin untuk internal, ikadin untuk bangsa dan negara. Oleh karena itu menurutnya sudah ada program program kerja yang dibagi sesuai bidang masing-masing. Diantaranya bidang pendidikan berkelanjutan, bidang keorganisasian, bidang pembelaan profesi, dan bidang-bidang lainnya.

Lebih lanjut Irpan mengungkapkan bahwasanya program program tersebut saat ini masih dalam pembahasan dan diskusi dengan masing-masing perwakilan DPD. Adapun masukkan yang di rekomendasikan di rakernas ini menurut Irpan salah salah satunya adalah mendorong agar adanya perubahan Undang Undang Advokat, kemudian juga mengenai RUU KUHP yang merupakan bagian yang harus dilihat oleh DPP IKADIN, karena memang dari diskusi diskusi yang dilakukan banyak pasal yang perlu di bicarakan,” jelas mantan aktivis PMII Mataram tersebut.

Selanjutnya mengenai pendidikan profesi menurut Irpan harus dilaksanakan dengan maksimal. Terkait program program yang di bahas dan menjadi unggulan di rakernas ini menurut nya diantaranya mengenai persoalan bagaimana menata organisasi supaya menguatkan struktur organisasi mulai dari DPP hingga tingkat daerah. Karena ia menilai jika hal ini sudah kuat secara internal maka kedepannya hubungan secara external menjadi semakin kuat.

Ditanya mengenai IKADIN di NTB menurut Irpan, dari sejumlah organisasi advokat yang ada di NTB. Dilihat dari segi jumlah keanggotaan IKADIN di NTB memiliki jumlah anggota yang terbesar. Dimana sampai dengan saat ini yang sudah di sumpah mencapai lebih dari 500an anggota, dan rencananya tanggal 12 Agustus 2022 mendatang akan dilaksanakan Sumpah Advokat untuk 32 orang advokat baru. Irpan berharap dari rakernas ini kedepannya akan menghasilkan program program kerja dari IKADIN yang bisa memperkuat para anggota ditengah persaingan organisasi advokat di tanah air,”tandasnya. (RNC/Yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.