oleh

Penerima Piala Hasri Ainun Habibie Diundang Ke Jakarta

Jakarta – RNC: 26 Juli 2022 menjadi waktu yang tidak terlupakan bagi 36 siswa-siswi Pemenang Orbit Onlimpiade 2022. Bagaimana tidak, mereka diundang ke Jakarta dan menerima penghargaan langsung dari Pendiri Orbit360, Dr. Ilham Akbar Habibie, M.B.A.Dalam momen Penganugerahan Pemenang Orbit Onlimpiade 2022 Piala Hasri Ainun Habibie tersebut, Ilham berpesan agar para pemenang terus meningkatkan prestasi dan berupaya menguasai teknologi, terutama teknologi digital. “Meskipun saat ini kita telah mulai kembali belajar secara tatap muka, namun pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung kualitas pembelajaran harus terus dioptimalkan, sebagai salah satu upaya membangun daya saing,” pesan putra pertama BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Perpustakaan Nasional tersebut Purwosusilo M.Pd. (Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta), Dr. Muhir Subagja (Wakil Sekjen PGRI), Dr. H. Aris Adi Laksono (Ketua Pengembangan Organisasi PP PERGUNU), Lahmudin (Wakil Ketua Ikatan Guru Indonesia DKI Jakarta), dan perwakilan sponsor, Bank Mandiri dan Pijar Belajar.

Para pemenang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya menerima Piala Hasri Ainun Habibie, tetapi juga medali, sertifikat, paket langganan penggunaan platform Orbit360, dan tabungan pendidikan total ratusan juta rupiah. Selain itu, para pemenang dan guru pendamping juga secara khusus berkesempatan mengunjungi langsung Wisma Habibie-Ainun dan Perpustakaan Habibie-Ainun sebelum kembali ke kotanya masing-masing.

 

ORBIT ONLIMPIADE 2022 DIIKUTI RIBUAN PESERTA

Para pemenang Orbit Onlimpiade 2022 Piala Hasri Ainun Habibie merupakan siswa-siswi yang berhasil memperoleh nilai tertinggi pada tahap final Orbit Onlimpiade 2022. Para siswa tersebut berhasil menyisihkan ribuan siswa lainnya sejak tahap penyisihan di tingkat provinsi. Orbit Onlimpiade merupakan olimpiade mata pelajaran antar siswa di seluruh Indonesia yang sepenuhnya diselenggarakan secara online dengan menggunakan platform Orbit360. Kegiatan ini merupakan kelanjutan Olimpiade Online yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013 yang lalu.

Orbit Onlimpiade tidak lepas dari sosok (almh) Hasri Ainun Habibie, istri (alm) BJ Habibie, yang memang memiliki kepedulian sangat tinggi pada dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Semasa hidupnya, Hasri Ainun Habibie merintis Beasiswa Orbit yang telah memberikan beasiswa ke puluhan ribu siswa dan majalah Orbit sebagai majalah edukasi iptek untuk anak-anak.

“Setelah ibu Ainun wafat, kami meneruskan inisiatif ibu di bidang pendidikan dengan mentransformasi majalah Orbit secara digital menjadi platform Orbit360 yang diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah, sekaligus menyelenggarakan Orbit Onlimpiade untuk mendorong budaya kompetisi siswa di era digital saat ini,” papar Ilham A. Habibie.

Orbit Onlimpiade 2022 diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta dari 29 provinsi di seluruh Indonesia. Seluruh peserta diseleksi bertahap secara online, mulai dari penyisihan di tingkat provinsi, semifinal, dan final. Kegiatan ini dibagi dalam empat kategori, yaitu SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA IPA, dan SMA/MA IPS.

“Ini adalah salah satu hal yang sangat penting bagi masa depan kita, karena dengan adanya Orbit Onlimpiade ini kita harapkan semangat bangsa kita, khususnya generasi muda,lebih meningkat dan dapat mencetak insan Indonesia yang cemerlang di bidangnya masing-masing,” tambah Ilham lagi.

Orbit Onlimpiade 2022 Piala Hasri Ainun Habibie diselenggarakan oleh Orbit360; didukung oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Guru Indonesia (IGI), Persatuan Guru NU (PERGUNU), dan Dikdasmen Muhammadiyah; serta disponsori oleh Bank Mandiri dan Pijar Belajar.

 

 

DAFTAR PEMENANG ORBIT ONLIMPIADE 2022 PIALA HASRI AINUN HABIBIE

Kategori SD/MI:

 

Juara 1: MI Unggulan Sabilillah, Lamongan (Peserta: Mushthofa Kamal Siroj, Achmad Maulana Boy Hoki, Essensa Haqquemulya. Guru pendamping: Aidatur Runis)

Juara 2: SD Muhammadiyah Sidoharjo, Lamongan (Peserta: Naiara Zahra Madina, Raissa Jiilan Arafah, Arsenio Firas Azuhri. Guru pendamping: Sekar Sagitasari)

Juara 3: SD Akar Panrita, Mamminasata, Makassar (Peserta: Ahmad Muzaki, Eva Valentin, Untung Bawa Jaya. Guru pendamping: Nursidah, S.Pd).

Kategori SMP/MTs:

 

Juara 1: SMP Unggulan Al Yalu, Kota Malang (Peserta: Armida Ardelia Syadida, Sukma Permata Hati, Sita Rahma Dawamatul Ummah. Guru pendamping: Husnawati Umar Saddia)

Juara 2: MTsN 1 Kota Malang (Peserta: Moch. Alfarizky Harya Putra, Ahmad Ayman Al Ghifary, Haya Afif Fairuz Ariqoh. Guru pendamping: Luluk Hariroh, S.Pd, M.Si)

Juara 3: SMPN 3 Malang (Peserta: Meysika Najwa, Beatrice Alicia H, Nathan Andrew. Guru pendamping: Ahfidatul Husniyah).

Kategori SMA/MA IPA:

 

Juara 1: MAN 2 Kota Malang (Peserta: Kaditya Rakan Pandyansa, Nauroh Salsabila, Deandra Rasheesa Maheswari. Guru pendamping: Dra. Wulaida Zuhriyana)

Juara 2: MAN 2 Kota Malang (Peserta: Elok Faiqoh Himmah, Zulfa Nailil Muna, Emilda Puteri Aulia. Guru pendamping: Dra. Wulaida Zuhriyana )

Juara 3: SMA Pradita Dirgantara (Peserta: Riva Rizkiana Ramadhani, Firendy Anriki, Maghryza Milchan Fayumi. Guru pendamping: Novita Triwidianingsih).

Kategori SMA/MA IPS:

 

Juara 1: SMAN 1 Probolinggo (Peserta: Aldo Setiawan, Aldi Setiawan, M. Alfin Nasrullah. Guru pendamping: Issi Annisa, M.Pd.)

Juara 2: SMA PU Albayan (Peserta: Aldrian Baihaqi, Algebra Salman Hadi, Muhammad Abdillah Putra Alfera. Guru pendamping: Dedy Rosandi, S.Pd.)

Juara 3: MAN 2 Kota Malang (Peserta: Naufal Wiwit Putra, Airumi Qanitah Sari, Aura Nouvabryano Akhmad. Guru pendamping: Dra. Wulaida Zuhriyana).

(RNC/Yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.