oleh

Kejuaraan Dunia BWF 2022 Jumat 26 Agustus: 2 Wakil Ke Semifinal, Di Pastikan Satu Ganda Putra Indonesia Ke Final

Tokyo MRN :  Indonesia hanya berhasil menempatkan dua wakilnya di babak semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2022. Dua wakil lainnya kandas dalam laga perempat final di Tokyo, Jepang, Jumat, 26 Agustus 2022. Dua wakil yang lolos sama-sama berasal dari sektor ganda putra. Kedua pasangan itu akan saling berhadapan di babak semifinal, sehingga satu tiket final sudah pasti di tangan Indonesia. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lolos setelah menghentikan perlawanan pasangan M.R. Arjun/Dhruv Kapila.

Pasangan unggulan ketiga yang berujuk The Daddies itu menang 21-8, 21-14. Adapun pasangan ganda lain, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, lolos dengan menyingkirkan Ben Lane/Sean Vendy, asal Inggris. Pasangan yang jadi unggulan kelima itu mengalahkan lawannya yang jadi unggulan ke-14 dengan skor 31-11, 21-16. Sayangnya laju Hendra/Ahsan dan Fajar/Rian tak diikuti dua wakil di sektor tunggal putra. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie sama-sama tersingkir. Anthony Sinisuka Ginting takluk dari unggulan utama asal Denmark, Viktor Axelsen.

Pemain yang jadi unggulan kelima itu kalah dengan skor 21-10 21-10. Sedangkan Jonatan Christie, yang menjadi unggulan ketujuh, kalah dari Chou Tien Chen, unggulan keempat asal Taiwan. Jojo takluk dengan skor 10-21, 11- 21,10-21. Jadwal semifinal akan berlangsung Sabtu, 27 Agustus 2022. Hari in, Hendra Setiawan mengatakan mereka siap memberikan yang terbaik saat tampil di semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2022. “Bertemu Fajar / Rian kan sudah sering di latihan. Jadi sudah pasti tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Jadi kami akan memberikan yang terbaik besok,” ujar pasangan ini. Kekalahan tragis dialami oleh tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, saat berhadapan dengan wakil Taiwan, Chou Tien Chen di perempat final Kejuaraan Dunia BWF 2022. Atlet yang akrab disapa Jojo menyerah dalam rubber game 21-14, 11-21 dan 20-22 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Jumat, 26 Agustus 2022.  Bagaimana tidak, Jojo sempat memimpin 20-15 atas Chou Tien Chen pada gim ketiga.

Namun kemudian Chou Tien Chen malah berhasil menyamakan kedudukan 20-20 dan akhirnya menang 22-20. Permainan Jojo di perempat final terbilang tidak mengecewakan. Ia berhasil unggul pada gim pertama dengan skor 21-14. Sayangnya di gim kedua Jojo kalah 11-21. “Kecewa pastinya. Tapi saya sudah melakukan yang terbaik,” kata Jojo dalam rilis PBSI. “Kondisi angin cukup kencang di sisi lapangan saya yang terakhir. Chou Tien Chen mencoba menarik saya ke belakang dan itu yang beberapa kali menyusahkan,” ujar Jojo.

Salah satu penyebab Jonatan Christie kalah adalah terlambat mengantisipasi perubahan strategi dari Chou Tien Chen. Perubahan strategi dilakukan Chou Tien Chen ketika menghadapi poin-poin kritis. “Tapi setelah poin kritis, mungkin di poin 20-17 dia mengubah pola dengan bermain depan. Saya coba jaga depannya, tapi dia akhirnya balik lagi tarik ke belakang. Itu yang kurang saya antisipasi,” kata dia. Penyesalan pun dirasakan oleh Jojo. Apalagi kesempatan bermain di Kejuaraan Dunia atau BWF World Championship 2022 belum tentu datang lagi. “Sayang sekali tadi saya tidak bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Hal ini harus saya bayar mahal sekali karena harus menunggu setahun lagi yang tidak pernah tahu kesempatan itu (bermain di Kejuaraan Dunia) akan datang lagi atau tidak,” ujar Jojo.

(DH)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.