oleh

Kamar Dagang Indonesia (KADIN) DKI Gelar Dakarta Festival 2022 di Halaman Parkir Timur Senayan

 

Jakarta – Dakarta Festival 2022 yang digelar Kamar Dagang Indonesia (KADIN) DKI Jakarta tanggal 26-28 Agustus 2022 di Halaman Parkir Timur Senayan merupakan rangkaian acara Rapat Pimpinan Provinsi (RAPIMPROV) ke III DKI Jakarta yang diikuti 300 peserta IKM & UMKM.

Acara ini juga dimeriahkan Marching Band, Tarian Tradisional, Games Berhadiah, Pertunjukan Musik dari Galba Lesmana, Black Stone, Andra & The Backbone maupun Kahitna dilaksanakan secara Hybrid dan dibuka langsung oleh Ahmad Riza Patria (Wakil Gurbernur DKI).

Uchi Hardiman (Ketua Panitia) menyampaikan sambutannya di acara Festival Djakarta 2022 “Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu di Djakarta Festival. Ini yang paling penting kenapa kami menyebutkan di terakhir kali. Seorang tokoh perempuan Ketua Umum Kami, Ketua KADIN DKI Jakarta Hj. Diana Dewi yang telah memberikan inspirasi dalam agenda kegiatan kita di hari ini. Sekaligus menjadi mentor kami semua”.

Sebagai ketua panitia menyampaikan laporan kami. Allhamdulillah Insya Allah Djakarta Festivak akan kita laksanakan selama tiga hari. Mulai tanggal 26-28 Agustus 2022 dan juga diadakan kegiatan Rapimprov kami di Hotel Mulia akan kami laksanakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022. Allhamdulillah peserta dari IKM dan UKM kurang lebih 300 peserta dan 120 booth. Juga akan ada beberapa kompetisi dan performance dari teman-teman.

Sedangkan acara Djakarta Festival 2022 merupakan gelaran perdana KADIN DKI Jakarta setelah pandemi berlalu. Acara ini merupakan bentuk kepedulian KADIN DKI Jakarta kepada pengusaha di DKI Jakarta khususnya. “Alhamdulillah Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid sangat mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan acara ini menjadi cikal bakal pilot project untuk KADIN seluruh Indonesia ke depannya,” tutupnya. Dan Uchy Hardiman menutup sambutannya dengan pantun, “Si Mamat pergi ke Bali, membeli baju sama Ali, kami persembahkan Djakarta Festival untuk warga DKI, sebagai wujud rasa cinta kami dari KADIN DKI.”

Hj. Diana Dewi (Ketum KADIN Jakarta) dalam menyampaikan sambutannya diacara Djakarta Festival 2022 bahwa, “Kita tahu Rapimprov DKI Jakarta kali ini masih dalam suasana covid 19. Dan covid 19 sudah membuat beberapa lapangan usaha terpuruk salah satunya adalah UMKM dan IKM. Oleh karenanya hari ini dalam rangka Rapimprov kami ingin mengimplementasikan program kerja bahwa KADIN adalah wadah pengusaha. Wadah pengusaha bukan hanya wadah pengusaha besar tetapi pengusaha yang ada disini, para entrepreneur yang ada disini itu adalah anggota KADIN. Sehingga hari ini kita lihat bahwa KADIN DKI Jakarta menyelenggarakan Djakarta Festival 2022 seperti yang disampaikan Ibu Ketua Panitia yang saya cintai Ibu Uci Hardiman. Terima kasih beserta teman-teman mereka yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Walaupun hanya 3 bulan persiapannya bahkan saya hitung kurang. Kalau tidak salah mulai bulan Juni sehingga kurang lebih cuma 2 bulan. Tapi begitu luarbiasanya semangat dari teman-teman Alhamdulillah acara ini bisa terlaksana. Terima kasih sekali lagi kepada ketua panitia dan jajaran. Kita tahu bahwa kondisi ini tidak baik-baik saja. Maka kami berharap khususnya disini ada staf khusus dari Kementerian dan juga dari KADIN Indonesia dan juga Bapak Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kami berharap bersama-sama bergandengan tangan bagaimana UMKM akan bangkit dan kami KADIN menjadi wadah organisasi pengusaha yang selalu bisa mengangkat atau berharap yang kecil akan naik kelas dan yang besar akan semakin besar.

Kita tahu bahwa potensi belanja yang berasal dari APBN dan APBD tidak kurang dari 1,71 Triliun. Makanya pada hari ini pembukaan Rapimprov yang tadi Ibu Ketua Umum dan Ketua Panitia sampaikan bahwa kami akan menyelenggarakan besok pada tanggal 27. Mengambil tema Mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyikapi regulasi dan penerapan TKDN untuk penguatan pengusaha. Oleh karena itu seperti yang Pak Wagub sudah sampaikan bahwa DKI Jakarta sudah memiliki aplikasi e-order. Ini salah satu contoh bahwa TKDN di DKI Jakarta sudah didorong sebaik mungkin. Oleh karena itu kami berharap bahwa KADIN DKI Jakarta setelah pelaksanaan ini akan memberikan laporan kepada Pemprov DKI Jakarta.

Teman-teman UMKM yang hadir pada hari ini seberapa banyak transaksinya, kemudian pengunjungnya, setelah ini apa yang harus kita lakukan sebagai Pemerintah DKI mitra KADIN DKI Jakarta. Doakan kami akan menyelenggarakan Rapimprov untuk sidang-sidang itu besok 27 Agustus di Mulia Hotel dan tanggal 28 kami akan menutup acara ini. Kami berharap doa restunya agar acara ini berjalan lancar dan sukses. Sebelum saya tutup izinkan saya berpantun. Ikan dimasak dibuat gulai, ada paku dipasang Pak Menteri, jangan takut untul memulai, jadi pelaku usaha yang mandiri,” tutupnya.

Diana Dewi juga menutup sambutannya dengan pantun, “Buat status banyak yang komen, ke kota Jakarta bawa terpal, jika abang jual barang dagangan, agar laris jual di Djakarta Festival.”

(Rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.