oleh

Dekranasda Week Festival 2022 Perayaan 39 Tahun Dekranasda Provinsi DKI Jakarta Berkarya Bersama Perajin Jakarta

Jakarta – 31 Agustus 2022 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta menghadirkan pagelaran kerajinan terbesar untuk merayakan usia 39 tahun melalui Dekranasda Week Festival (DFW) 2022. Resmi dibuka oleh Fery Farhati – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta dan Elisabeth Ratu Rante Allo – Ketua Bidang Pemasaran dan Daya Saing Produk Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, DWF 2022 menghadirkan 48 Perajin Jakarta dengan berbagai produk unggulan. DFW 2022 berlangsung selama 6 (enam) hari mulai tanggal 31 Agustus – 4 September 2022 di Main Atrium Mall Gandaria City, Jakarta Selatan.

“Setelah 2 tahun kemarin kita sama-sama melewati masa pandemi, hari ini kita bisa bertemu kembali dan menikmati langsung karya kreatif dari Perajin Jakarta. Ini adalah wujud dari komitmen kami untuk membina perajin Jakarta sekaligus mendekatkan masyarakat untuk dapat berinteraksi langsung dengan para perajin dan melihat langsung karya-karya kerajinan khas Jakarta” ujar Fery Farhati, Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta.

DFW 2022 juga dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara seperti talkshow, demo produk, lomba fashion show, dan live performance. Rangkaian talkshow akan dilaksanakan pada 1 – 2 September 2022 di mini stage DWF 2022. Pada 1 September pukul 11.00 – 12.00 WIB akan menghadirkan sosok Ibu Ibukota Awards yang akan berbagi cerita #AksiHidupBaik di bidang kewirausahaan. Lalu pada 2 September pukul 13.30 – 14.30 WIB akan menampilkan panel talkshow dari Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta & QRIS Jakpreneur yang akan memberikan bahasan mengenai tips sukses berwirausaha. Selain itu, di hari yang sama pukul 19.00 – 20.00 WIB sesi talkshow akan diisi oleh Forum of Small Medium Economics AFRICA ASEAN (FORSEAA).

Selain talkshow, pada 1 – 2 September 2022 juga diisi dengan berbagai rangkaian demo produk dari para kolaborator dan live performance dari Band Jera. Band binaan (sedang memastikan info), akan membawakan berbagai lagu populer dan khas Jakarta. Pada 3 September 2022, pelaksanaan DWF 2022 juga akan dimeriahkan dengan lomba fashion show yang mengangkat tema Pesona Batik Jakarta. Lomba fashion show dengan total hadiah Rp 45.000.000,- (empat puluh lima juta rupiah) ini bertujuan untuk mengajak peserta lomba agar bangga menampilkan batik khas Jakarta karya para perajin.


Elisabeth Ratu Rante Allo selaku Ketua Bidang Pemasaran dan Daya Saing Produk Dekranasda Provinsi DKI Jakarta juga menyampaikan bahwa, penyelenggaraan DWF 2022 adalah salah satu wujud partisipasi Dekranasda Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong pelestarian budaya Betawi melalui karya kreatif. Serangkaian kegiatan yang diselenggarakan DWF 2022 tak lain bertujuan untuk mendukung Perajin Jakarta dalam mempromosikan karyanya melalui pameran produk kerajinan yang dikemas berbeda.

Dalam semangatnya untuk terus meningkatkan kualitas pembinaan perajin, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta menyusun Sistem Informasi Perajin (SIP) yakni pengembangan database secara online yang berisi tentang informasi anggota perajin binaan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, untuk memudahkan pendataan anggota perajin binaan. Melalui SIP perajin akan mendapatkan informasi mengenai program dan kegiatan pelatihan pengembangan kerajinan serta usaha, publikasi dan promosi (pameran), kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta. Dekranasda Provinsi DKI Jakarta membuka kesempatan bagi calon perajin Jakarta untuk mendaftar melalui: dekranasda-sip.jakarta.go.id.

Tahun ini, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta juga menyelenggarakan kegiatan kompetisi foto produk bagi perajin dan kalangan umum yang menampilkan produk Perajin Jakarta, yaitu Potret Kerajinan Jakarta. Potret Kerajinan Jakarta akan dilaksanakan pada akhir September 2022, dengan menghadirkan para juri profesional di bidang fotografi dan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta berharap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini mampu melestarikan dan memberikan inovasi bagi kota Jakarta di bidang ekonomi kreatif dan memupuk semangat perajin untuk bangkit lebih kuat setelah menghadapi pandemi.

(Rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.