oleh

Energi Merupakan Elemen Dasar yang Perlu Diperkuat dan Ditingkatkan

Jakarta – Deputi Sistem Nasional Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Mayjen TNI Syachriyal Efendi Siregar mengatakan Energi merupakan elemen dasar yang perlu dijaga dan diperkuat karena ketahanan energi sebagai pendorong aspek lainnya.

“Energi menjadi dasar untuk mendorong aspek kehidupan lebih lanjut lainnya dan sekarang ada energi baru terbarukan untuk menjaga ketahanan energi,” katanya saat melakukan kunjungan ke PT Supreme Energy Muaralaboh, di Padang Aro, Kamis.

Selain itu katanya, pengembangan energi baru terbarukan yaitu panas bumi menjadi solusi kedepannya di tengah-tengah ketersedian energy fosil yang semakin menipis. Dia menjelaskan, tugas Wantanas yaitu mengamati, menganalisa dan memberikan rumusan keputusan strategis kepada Presiden sehingga permasalahaan yang terjadi di lapangan bisa diatasi.

Untuk pengembangan geothermal katanya, PT Supreme Energy Muaralaboh bisa menjadi contoh sukses dan semoga berlanjut kedepannya. Dengan banyaknya potensi energi baru terbarukan katanya, memang perlu dicari rumusan terbaik tentang permasalahan yang ada seperti infrastruktur, harga, teknologi, SDM dan lainnya. “Pengamatan kami di lapangan geothermal merupakan solusi ketahanan energi,” ujarnya.

Selain itu katanya, pengembangan geothermal juga akan berdampak pada perekonomian masyarakat dengan pemberdayaan. “Satu hal yang saya pelajari disini, kalau dunia usaha mau diterima masyarakat maka lakukan pemberdayaan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Vice president eksploration PT Supreme Energy Muaralaboh Mufti Ganefrianto mengatakan, panas bumi memiliki posisi yang strategis dalam ketahanan energi dan potensi di Indonesia sangat besar. “Panas bumi bisa dikelola dengan jangka waktu yang lama dan lokasinya juga berada di lokasi yang ekonomis sebab dekat dengan pusat kota,” ujarnya.

Dengan adanya panas bumi katanya, maka Indonesia secara perlahan bisa membangun kemandirian dibidang energi.

(Rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.